Tips Hemat Energi PC/Laptop

Tips Hemat Energi PC/Laptop



Dibawah ini yaitu sepuluh panduan yang bisa Anda pakai untuk menghemat penggunaan daya pada pc serta laptop.

1. Atur pencahayaan serta kontras monitor Mungkin saja untuk orang yang pemula atau pemula dalam memakai computer, mereka tidak sering sekali memerhatikan penyusunan monitor mereka. Yang disebut dalam soal ini yaitu tingkat pencahayaan serta kontras yang ditata terlampau tinggi bakal dapat menggunakan banyak daya. Jadi karenanya anda mesti dapat mengatur pencahayaan serta kontras itu, untuk mengatur pencahayaan serta kontras monitor itu pakai tombol yang ada dibawah monitor.

2. Matikan monitor Panduan yang ke-dua yaitu dengan mematikan monitor, terlebih monitor yang macamnya yaitu type CRT (Cathode Ray Tubel), lantaran monitor type itu semakin banyak konsumsi tenaga listrik. Jadi, bila anda mau meninggalkan PC itu kurun waktu yang lama, baiknya matikan monitor anda. Anda dapat juga menyetting Windows supaya dengan cara automatis segera mati dalam sekian waktu spesifik, itu dapat dikerjakan lewat cara, click " Control Panel-Options ". Dalam " Power Options Properties " click tab " Power Schemes ". Lantas click sinyal panah dibagian " Power Schemes " lantas tentukan " Home/Office desk ". Lantas tentukan saat yang di idamkan pada " Turn Off Monitor " serta click " Apply " serta " OK ".

3. Matikan Hard disk Walau kita tak tengah lakukan apapun pada computer kita, namun data anda bakal senantiasa di baca dari hard disk (oleh system operasi serta sebagian aplikasi). Lantaran argumen ini, hard disk hard disk bakal terus-terusan berputar serta sudah pasti ini bakal menggunakan daya. Bila anda mau meninggalkan PC anda kurun waktu yang lama, jadi baiknya matikan hard disk PC anda. Pada " Power Options Properties " lantas click tab " Power Schmes ". Click sinyal panah dibagian " Power Schemes " serta tentukan " Home/Off desk ". Lalu click " Turn off hard disk " serta tentukan waktunya. Lantas click " Apply " serta " Ok ".

4. Matikan peralatan yang lain Matikanlah peralatan yang lain seperti, speaker, modem eksternal, scanner, Zip drive serta printer. Lantaran peralatan itu sangatlah menggunakan banyak daya. Kerapkali orang meninggalkan peralatan itu dalam situasi aktif, bahkan juga waktu kita tengah keluar kurun waktu yang lama.

5. Mode Hibernate Mode hibernate ini yaitu sarana untuk lakukan shut down, namun tak tutup atau mematikan aplikasi yang tengah kita buka tadi. Hal semacam ini bisa dikerjakan lewat cara Mode " Hibernate ". Dengan mode ini, isi memory paling utama (RAM) bakal tersimpan dalam hard disk. Cara lakukan mode hibernate yaitu seperti berikut, pada " Power Options " clicklah tab " Hibernate ". Lantas click kotak dekat " Enable Hibernation ". Click juga pada tab " Advanced ". Dalam sisi " When I Press the power button " lantas click sinyal panahnya lalu click " Hibernate ". Click " Apply " serta " Ok ". Kemudian tekan tombol " Power " pada computer anda. Mode hibernate telah berperan, tekan tombol " Power " sekali lagi, computer anda bakal menyala serta bakal automatis buka aplikasi yang sudah anda buka tadi.

6. Mode Standby Supaya dapat menghemat daya, baiknya penyusunan monitor serta hard disk ada dibagian yang terendah pada mode standby. Bila anda mau meninggalkan PC sebentar, baiknya aktifkan mode standby. Tetapi yang perlu anda kenali yaitu, waktu mode standby aktif data-data yang belum anda taruh bisa rusak atau hilang bila PC anda alami rusaknya. Baiknya taruh dulu data atau dokumen anda saat sebelum anda aktifkan mode standby ini. Mode standby bisa dikerjakan lewat cara, click " Start-Turn Off computer " lantas click " Stanby ".

7. Manfaatkanlah UPS Manfaatkanlah senantiasa alat UPS, lantaran alat ini dapat menolong penyelamatan data atau shut down waktu berlangsung mati listrik. Untuk mengatur peralatan UPS serta mengkonfigurasikan alat itu " Power Option Properties " lantas tentukan tab UPS. Sisi status dalam tab UPS menghadirkan perkiraan jumlah menit yang bisa di dukung UPS pada PC anda. Sesungguhnya banyak cara untuk mengkonfigurasikan UPS, tetapi hal semacam ini bergantung dari model serta kemampuan UPS yang dipakai.

8. Baterai Laptop Bila anda men-charge baterai laptop, yakinkan sistem charge-nya usai. Lantaran sistem charge yang dikerjakan setengah-setengah lantas dilanjutkan kembali, itu jadi bakal menggunakan banyak daya. Bila anda mau pergi, baiknya bawa senantiasa baterai tambaha. Untuk menghemat penggunaan baterai. Anda dapat memakai fitur Hibernate/Suspended atau pakai soket listrik yang dikaitkan ke stopkontak.

9. Port USB Bila waktu anda menggunaka laptop serta waktu itu anda memasukkan salah satu ke port USB di laptop, baiknya bila telah usai segera dilepaskan saja. Lantaran peralatan yang masih tetap tertancap di port USB, itu dapat juga menggunakan tenaga pada PC atau laptop anda. Baiknya bebaskan alat itu apabila penggunannya di rasa telah cukup.

10. Skema Penggunaan Daya Laptop Umumnya produsen-produsen laptop juga memasukkan fitur serta software power management. Software ini sangatlah bermanfaat sekali untuk beberapa customer laptop, lantaran software ini dapat mengatur penggunaan baterai serta daya listrik yang tengah dipakai. Di software ini terdapat banyak pilihan yang bisa dipakai untuk tahu beban hard disk serta daya lain yang tengah dipakai oleh laptop. Salah satunya tahu kecepatan processor atau pencahayaan monitor yang pas agar bisa menghemat baterai. Software ini sekalian bisa jadi pengawas untuk kita dalam memakai laptop.

0 Response to "Tips Hemat Energi PC/Laptop"

Posting Komentar

wdcfawqafwef